PENYULUHAN KELOMPOK PEREMPUAN DESA DALAM PENCEGAHAN PENYAKIT MENULAR

  • Sep 12, 2024
  • GROWONGKIDUL-JUWANA

          GROWONG KIDUL. Pada hari Rabu tanggal 12 September 2024 diadakan Penyuluhan Kelompok Perempuan Desa dalam pencegahan Penyakit Menular dari Tim Penyuluh PUSKESMAS JUWANA.  Acara tersebut bertempat di pendopo balaidesa Growong Kidul dihadiri semua kader desa dan ibu-ibu PKK Desa Growong Kidul. Penyuluhan dimulai jam 09.00 WIB dan selesai pada jam 13.00 WIB.

Tim Penyuluh Puskesmas Bp. TRI PRASETYO menyampaikan penyuluhan tentang DBD. Penting untuk di sampaikan karena bergantinya musim, Desa Growong Kidul warganya rawan terkena DBD. Ada Faktor utama Penyebab Penyakit DBD diantaranya :

1. SUMBER INFEKSINYA : - Virus Dengeu yang ditularkan oleh Nyamuk

                                         - Penderita yang sudah terkena penyakit DHF digigit oleh nyamuk aedes agypty

2. BEHAVIOR / TINGKAH LAKU :

    - Aktif siang hari jam 8-11

    - Sore sekitar jam 15-17

    - Terbang dengan jangkauan 100 m

    - Betina

PERTOLONGAN PERTAMA TERHADAP PENDERITA DBD.

# Beri minum sebanyak mungkin

# Kompres agar turun panasnya

# Beri obat turun panas

# Segera membawa ke dokter Puskesmas/RS apabila tidak bisa minum,muntah terus menerus bertambah parah, Kesadaran menurun, hilang kesadaran kejang, nyeri ulu hati,gelisah telapak tangan dan telapak kaki teraba dingin, perdarahan hidung dan gusi, muntah hitam dan BAB hitam.

Lebih lanjut oleh Bp. Tri Prasetyo jg di sampaikan Pencegahan DBD diantaranya :

1. KIMIA

   Fogging, Abatesasi, obat Nyamuk

2. MEKANIS / FISIK

   Pemberantasan sarang nyamuk ( PSN )yang dianjurkan dalam pengendalian kasus Demam Berdarah Dengue (DBD)

3. BIOLOGIS

   # Ikan pemakan jentik

   # Tanaman pengusir nyamuk.

 

TIM PENYULUH berikutnya dari puskesmas Ibu YUL FATIN RUMIANA menyampaikan tentang Informasi dasar IMS, HIV dan AIDS. Oleh beliau disampaikan pengertian

1. IMS (Infeksi Menular Seksual) adalah penularannya melalui hubungan seksual. sedang penyebabnya BAKTERI,VIRUS dan EKTOPARASIT.

2. HIV (Human Immunodeficiency Virus)

   Virus ini jika menginfeksi manusia menyebabkan penurunan sistem kekebalan sehingga tubuh menjadi jauh lebih rentan terhadap infeksi-infeksi yang pada orang

   normal tidak sampai menimbulkan gejala.

Berikutnya oleh beliau ibu Yul Fatin Rumiana menyampaikan perilaku beresiko terjadinya penularan diantaranya penjaja seks wanita ataupun pria yang melakukannya tidak sehat, narkoba dengan pola hidup tidak sehat dan faktor yang mendukung pola hidup tidak sehat. Sedang perilaku yang mempermudah penularan IMS adalah :

1. Berhubungan seks yg tidak aman dengan penderita IMS tanpa menggunakan pelindung / kondom.

2. Memiliki pasangan seksual lebih dari satu.

3. Melakukan hubungan seks secara anal, karena hubungan ini lebih mudah menimbulkan luka / lecet karena pada anus tidak ada pelumasnya.

Di sampaikan juga cara penularan HIV oleh ibu Tri fatin Rumiana bahwa HIV bisa menular melalui hubungan seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi HIV, melalui pertukaran darah dan dari ibu ke janin / bayinya selama kehamilan persalinan/menyusui.

Para kader dan Ibu-ibu PKK dengan seksama mengikuti jalannya penyuluhan dan di acara tanya jawab serius menanyakan padatim penyuluh.. WOWI.