POTENSI DESA


PETA POTENSI DESA





TABEL PERUSAHAAN / USAHA DESA GROWONG KIDUL

NO JENIS USAHA JUMLAH
1 INDUSTRI BESAR DAN SEDANG
2 INDUSTRI KECIL 71
3 INDUSTRI RUMAH TANGGA 11
4 HOTEL / LOSMEN
5 PENGINAPAN
6 RUMAH MAKAN
7 WARUNG MAKAN 18
8 PERDAGANGAN 22
9 ANGKUTAN
10 LAIN – LAIN

TABEL SARANA PEREKONOMIAN DESA GROWONG KIDUL

NO SARANA PEREKONOMIAN JUMLAH
1 PASAR UMUM
2 PASAR HEWAN
3 TOKO / KIOS / WARUNG 22
4 BUUD / KUD
5 KOPERASI SIMPAN PINJAM 4
6 BADAN- BADANKREDIT
7 LUMBUNG DESA






KOPI SARKUN

Salah satu usaha yang dimiliki masyarakat Growong Kidul adalah pengolah biji kopi menjadi bubuk kopi. Pak Sarkun sebagai pemilik usaha ini menjadikannya sebagai mata pencaharian. Usaha ini sudah berjalan cukup lama dan sudah mempunyai nama di kalangan konsumennya.

Biji kopi yang diolah adalah kopi lelet asli lasem. Yang membedakan kopi lelet ini dengan yang lain adalah pengolahannya yang lebih lama sehingga bubuk kopi yang dihasilkan sangat lembut. Harga yang dibrandol untuk satu kilo bubuk Kopi Sarkun adalah Rp 70.000. Tidak hanya ukuran sekilo yang dijual, namun ada ukuran setengah kilo dan seperempat kilo.

Distibusi yang dilakukan oleh Pak Sarkun ini cukup luas, hingga antar kota. Dan sudah menjadi langganan oleh beberapa konsumennya. Selain didistribusikan ke kota-kota lain, Pak Sarkun juga membuka Warung Kopi (Warkop). Tempat ini dibuka untuk melayani pelanggannya yang ingin menikmati kopi di tempat. (CR)

PENGOLAHAN DAGING

Berbeda dengan kebanyakan usaha yang ada di Desa Growong Kidul, Pak H. No memiliki usaha pengolahan daging. Usaha ini sudah dimulai sejak lama sekitar 25 tahun yang lalu. Produksi olahan daging yang dilakukan juga sudah cukup besar.

Produk yang dihasilkan adalah bakso dengan ukuran besar dan kecil, bestik daging dengan berbagai ukuran sesuai pesanan, dan juga tahu bakso. Lokasi produksi pengolahan daging ini berada di seberang SDN 02 Growong Kidul, tepatnya berada di belakang rumah tinggal Pak H. No. Harga yang dibrandol untuk bakso adalah Rp 1.000 untuk yang kecil dan Rp 2.000 untuk yang besar. Sedangkan untuk bestik ada dua macam, Rp 3.000 untuk potongan kecil dan Rp12.000 potongan besar. Wilayah distribusinya produk Pak H. No ini di pasar – pasar dan juga beberapa pelanggannya yang datang langsung ke pabriknya. (CR)

KERAJINAN KUNINGAN

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) merupakan salah satu bagian penting dalam perekonomian, seperti halnya pada desa Growong Kidul dimana UMKM merupakan salah satu sektor yang menyumbang peran banyak dalam perekonomian desa. Sekilas UMKM yang terlihat mencolok di desa Growong Kidul adalah usaha Kuningan. Kuningan sendiri sudah sangat mendarah daging dalam usaha kecil masyarakat Growong Kidul, walaupun sebenarnya banyak sekali jenis UMKM di desa ini, namun tetap saja usaha Industri Kuningan menjadi icon bagi desa Growong Kidul. Hal ini juga sudah diakui di kalangan masyarakat luas, bahwa desa Growong Kidul merupakan desa potensial dalam Industri Kuningan.

Produk yang dihasilkan dalam Industri Kuningan di Desa Growong Kidul sangat beragam, seperti aksesoris furniture , kerajinan kuningan, peralatan-peralatan untuk rumah tangga , dll yang umumnya diproduksi secara masal sehingga nantinya bisa dipasarkan di luar daerah. Dan beberapa industri kuningan di Desa Growong Kidul ini sudah memiliki pelanggan tetap dari luar daerah bahkan mancanegara.

Lalu, adakah industri yang dapat membuat pesanan sendiri ? Tentu ada

Salah satu UMKM yang menjalankan kegiatan pengrajin kuningan yang bisa dipesan sesuai keinginan  adalah Sampurna Dua Kuningan. Sampurna Dua Kuningan yang dipimpin oleh Bapak Supar ini telah berdiri sejak tahun 1998 yang memiliki pasar Industri Kuningan yang berbeda dengan Industri Kuningan lainnya, rupanya UMKM ini melayani konsumen dalam pesanan khusus, artinya UMKM ini hanya melayani konsumen ketika memiliki pesanan khusus, bukan dalam bentuk produksi massal. Bisa dibilang Sampurna Dua Kuningan ini sangat berpengalaman dalam bidangnya karena UMKM ini sudah berdiri sejak lama dan UMKM ini mampu menerima pesanan sesuai kehendak konsumen.

Ya, jika berkunjung ke daerah Growong Kidul ini, hampir di setiap jalan kita temui industri kuningan yang menjadi potensi besar bagi Growong Kidul sendiri. (PA)

BUDIDAYA JAMUR TIRAM

Ternyata tidak hanya industri kuningan yang sangat menjamur di daerah Growong Kidul, namun beberapa industri pun bisa tumbuh di daerah ini, seperti halnya UMKM budidaya Jamur. Salah satu jenis budidaya jamur di desa Growong Kidul adalah budidaya Jamur Tiram. Seperti yang dikatakan oleh Mba Atiek, salah satu pemilik budidaya Jamur Tiram, walaupun Daerah Pati seperti Growong Kidul memiliki iklim panas, namun Jamur Tiram masih bisa tumbuh di daerah ini.

UMKM Jamur ini sendiri telah berdiri 5 tahun dan telah memiliki pelanggan dan pasar yang tetap. Bahkan UMKM Jamur Tiram ini sendiri terkadang kewalahan dalam memenuhi permintaan pasar karena permintaannya melampaui jumlah kapasitas produksi Jamur Tiram. Namun ketika musim panas/kering jumlah jamur Tiram yang diproduksi tidak sebanyak biasanya.

Untuk masalah panen sendiri, UMKM Jamur Tiram ini memiliki jadwal-jadwal tertentu untuk panen (2 hari sekali umumnya). Untuk masalah pasarnya, jamur tiram ini tidak bisa dibawa ke daerah yang terlalu jauh mengingat jamur tidak dapat bertahan dalam kondisi segar untuk waktu yang lama.

Ini lah salah satu potensi desa Growong Kidul yang turut berperan dalam perekonomian desa, dimana usaha bahan makanan adalah usaha yang umumnya bisa berlanjut dalam jangka panjang karena  makanan merupakan kebutuhan primer yang selalu dibutuhkan sampai kapan pun. (PA)

Data kependudukan belum diunggah