AGENDA DESA

POSYANDU

BALITA

 

Posyandu (Pos Pelayanan Kesehatan terpadu) merupakan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Jadi, Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa. Tujuan didirikannya posyandu disetiap desa dengan maksud untuk mengurangi angka kematian bayi, angka kematian ibu hamil dan meningkatkan kesehatan masyarakat. Pelayanan Posyandu dimulai dengan beberapa tahap diantaranya:

–         Pendaftaran

–         Penimbangan

–         Pengisian KMS

–         Pelayanan Kesehatan (Imunisasi, Vitamin, dll)

Dalam hal ini Desa Growong Kidul ikut melaksanakan kegiatan rutin posyandu balita setiap bulannya, yang mana setiap ibu yang memiliki anak usia dibawah 5 tahun wajib untuk mengikuti posyandu. Posyandu di desa Growong Kidul diadakan setiap tanggal 10 dengan tiga lokasi posyandu diantaranya di Balai Desa, rumah Ibu Suken Rt 03 RW 03, rumah Bapak Sujono RT 05 RW 04. Pelayanan posyandu balita ini memberikan manfaat yang besar untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, dimana setiap bulan April dan Oktober diberikan vitamin dan imunisasi untuk meningkatkan daya tahan tubuh para anak-anak tersebut. Sehingga sangat disayangkan jika para ibu tidak ikut serta dalam posyandu balita yang memberikan banyak manfaat ini untuk tumbuh kembang Sang Buah Hati.

LANSIA

Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya.

Tujuan pembentukan posyandu lansia secara garis besar antara lain :
a. Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia
b. Mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

Pelaksanaan posyandu di desa Growong Kidul dilaksanakan setiap sebulan sekali setiap tanggal 15 pukul 09.30 dan bertempat di balai Desa Growong Kidul. Disana ada bidan yang akan memberikan pelayanan kesehatan kepada para lansia. Pelayanan kesehatan untuk lansia hampir sama dengan pelayanan kepada balita dimulai dari proses pendaftaran – penimbangan berat badan – memberikan pemeriksaan kesehatan dan konseling. Sebagaimana kita tahu bahwa kesehatan para lansia di masa tuanya mulai menurun dan dengan adanya fasilitas kesehatan yang disediakan di desa membuat para lansia tersebut kesehatannya lebih terjaga. Maka dari itu dianjurkan untuk seluruh masyarakat desa Growong Kidul yang memiliki kerabat sudah lansia bisa mengikuti kegiatan rutin untuk para lansia.

IBU HAMIL

Posyandu Ibu hamil ini merupakan wadah dimana setiap ibu yang sedang mengandung dapat mengetahui banyak hal mengenai kehamilan hingga akhir proses melahirkan.Tujuan diadakannya posyandu ibu hamil untuk memperkecil angka kematiaan pada bayi dan ibu hamil.Terlebih lagi bagi para ibu-ibu yang baru pertama kali mengandung memiliki keterbatasan pengetahuan untuk menjaga kandungan agar tetap sehat. Desa Growong Kidul sendiri juga mempersiapkan fasilitas untuk ibu-ibu hamil yang selalu diadakan setiap tanggal 13,waktu pelaksanaannya jam 9 pagi hingga selesai dan bertempat di Balai Desa Growong Kidul.

Ibu-ibu hamil ini akan mendapatkan sosialisasi dari bidan mengenai beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil selain itu ada sesi konseling atau Tanya jawab bagi ibu-ibu yang mungkin mengalami permasalahan dengan kandungannya. Perkumpulan ibu-ibu hamil ini sangat bermanfaat yang mana mereka bisa saling berbagi dan mendukung satu dengan yang lainnya agar kehamilannya tetap baik dan sehat.(DE)